Mentan Amran Sulaiman Minta Polbangtan Terapkan Standar Pendidikan Internasional

Menteri Pertanian Amran Sulaiman saat menghadiri wisuda lulusan STTP Bogor yang kini bertransformasi menjadi Polbangtan (dok. sttp bogor)

Jakarta, Villagerspost.com – Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) adalah institusi pendidikan tinggi vokasi dibawah binaan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian. Polbangtan didirikan untuk mencetak tenaga ahli pertanian yang bukan sekadar seorang penyuluh pertanian, tetapi juga menciptakan para wirausahawan bidang pertanian.

Karena itu, Menteri Pertanian Amran Sulaima meminta, agar Polbangtan yang ada di Indonesia, menerapkan standar pendidikan bertaraf internasional agar Polbangtan semakin disegani. “Saya tugaskan staf khusus untuk melakukan audit di seluruh Polbantan di Indonesia. Saya ingin semua berstandar internasional,” ujarnya, dalam kunjungan kerjanya ke Polbangtan Yogyakarta, Selasa (27/11).

Amran berpesan kepada para mahasiswa Polbangtan agar turut mewujudkan cita-cita ini. Salah satunya dengan mengubah kebiasaan. Ia memberi contoh misalnya dengan mulai membiasakan diri menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

“Jangan takut salah menggunakan bahasa Inggris, campur bahasa Indonesia dan Inggris tak apa. Kamu tonton siaran BBC, CNN tiap malam dua jam. Ubah kebiasaan, lalu ulangi,” terang Amran.

Dengan begitu, menurut Amran para mahasiswa Polbangtan yang ada dihadapannya akan merasakan manfaat the power of habit, the power of repetition, alias mengubah dengan kebiasaan. “Itu akan menjadi kekuatan besar. Jadi mulai hari ini kalian mulai berbicara bahasa Inggris, bisa kan?” ujar Amran.

Amran juga berpesan agar para mahasiswa Polbangtan tidak mudah mengeluh jika ingin menjadi orang besar. “Jangan mengeluh, kalau ada orang mengeluh gagal. Jika gagal pun jangan menyerah. Gagal adalah cara Tuhan agar kita menikmatinya saat sudah sukses,” pesannya.

Setelah mengubah kebiasaan, meninggalkan kebiasaan buruk dan memulai kebiasaan-kebiasaan baik, Amran memotivasi para mahasiswa agar memiliki mimpi besar. “Mulai hari ini kalian harus punya mimpi besar. Setelah punya mimpi besar harus yakin bisa jadi pemimpin besar, konglomerat dunia. Setelah yakin, buang kebiasaan yang buruk, buang mulai hari ini,” ujarnya.

Ia meyakini, jika semua mahasiswa berproses untuk melakukan kebiasaan baik akan jadi orang hebat. Terlebih kini tengah berada dalam sistem yang teratur pada lingkungan lembaga pendidikan.

Seperti diketahui, Polbangtan merupakan transformasi dari Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP). Transformasi ini diharapkan akan melahirkan kembali tenaga terampil di bidang pertanian yang punya semangat wirausaha atau socioagripreneur.

Untuk mencapai cita-cita ini Kementan menjalin kerjasama dengan 29 Perguruan Tinggi untuk Program Wirausaha Muda Pertanian (PWMP) dan beberapa perusahaan swasta yang bergerak di sektor pertanian. Empat ribu lebih mahasiswa menyebar di enam Polbangtan di seluruh Indonesia. Yaitu Polbangtan Medan, Polbangtan Bogor, Polbangtan Yogyakarta –Magelang, Polbangtan Malang, Polbangtan Gowa, dan Polbangtan Manokwari.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *