Mentan: Toko Mitra Tani Bukan Saingan Pasar Tradisional

Bahan makanan pokok di pasar tradisional (dok. riau.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan, di masa pandemi Covid-19 pertanian menjadi tulang punggung dengan tantangan dan peluangnya yang semakin terbuka. Dalam situasi tersebut, ketersediaan dan pasokan yang cukup dengan harga terjangkau sangat penting untuk menjaga stabilitas pangan.

Karenanya keberadaan pasar mitra tani menjadi penting untuk membantu penyerapan produksi pertanian. “Pasar Mitra Tani maupun Toko Mitra Tani hadir di tengah masyarakat tidak lain yaitu untuk mengakselerasi penyerapan produksi komoditas pangan dari kelompok tani, sehingga masyarakat bisa mendapatkan bahan pangan berkualitas, segar dengan harga terjangkau,” kata Syahrul, saat meresmikan Toko Mitra Tani Cemerlang di Jl. Pemintalan No 55 A, Tambakreja, Cilacap, Jum’at (12/6).

Syahrul menegaskan, toko mitra tani adalah stabilizer, hadir bukan sebagai pesaing pasar yang sudah ada. Menurutnya, toko mitra tani yang tersebar hampir di setiap kabupaten/kota memberikan jaminan harga yang pasti walau ada kenaikan harga di pasar. “Bukan hanya menjual bahan pangan, toko ini juga menjadi stabilisasi dan media promosi bagi kelompok tani,” ujarnya.

Toko mitra tani yang ada di Kabupaten Cilacap menurut Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji sudah mencapai 35. “Kehadiran Pak Menteri di Cilacap, semoga membawa kabupaten yang paling luas di Jawa Tengah ini lebih maju sektor pertaniannya. Beliau adalah mentor dan guru saya,” kata Tatto.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementan Agung Hendriadi menegaskan, Toko Mitra Tani terus menyediakan pangan murah berkualitas bagi masyarakat.

“Komoditas pangan dipasok langsung dari gapoktan ke Pasar Mitra Tani, dan kemudian disalurkan ke Toko Mitra Tani. Di Jawa Tengah sendiri ada 299 gapoktan yang menjadi supplier Pasar Mitra Tani Jateng, dan mensuplai berbagai Toko Mitra Tani yang ada termasuk di Cilacap ini,” kata Agung.

Di toko mitra tani yang beralamat di Jalan Pemintalan No. 55 A, Kel.Tambakreja, Kec.Cilacap Selatan, Kab. Cilacap ini menyediakan berbagai macam komoditas pangan dengan harga terjangkau antara lain beras seharga Rp8.800/kg, Minyak Rp11.500/lt, Gula Rp12.500/kg, Bawang Merah Brebes Rp39.000/kg, Bawang Merah Majalengka Rp34.000/kg, Bawang Putih 18.000/kg.

Komoditas lain yang tersedia di Toko Mitra Tani ini, telur ayam Rp22.000/kg, Daging rendang Rp95.000/kg, Daging semur Rp85.000/kg. Kemudian, Daging sop Rp75.000/kg, Ayam beku Rp31.000/kg, Cabai Merah Keriting Rp14.000/Kg dan Cabai Rawit Merah Rp20.000/Kg.

Sementara itu, pemilik Toko Mitra Tani Cilacap, Ammy mengharapkan Toko Mitra Tani berkembang, memberikan kontribusi menyediakan bahan pangan pokok yang murah dan berkualitas. “Masyarakat senang berbelanja di sini, selain harganya murah, mutunya bagus, mungkin karena tempatnya nyaman dan bersih,” tuturnya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *