Nagari Pakandangan: Contoh Sukses Pemanfaatan Dana Desa

Masyarakat desa membangun saluran irigasi. pemerintah mencoba mengkopi semangat gerakan saemaul unding Korea Selatan untuk bangun desa (dok. dukun magelang.org)
Masyarakat desa membangun saluran irigasi. Dana desa harus dimanfaatkan untuk pembangunan infrastruktur desa (dok. dukun magelang.org)

Jakarta, Villagerspost.com РNagari Pakandangan di Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat bisa menjadi contoh sukses bagaimana dana desa dimanfaatkan. Dalam kunjungannya ke desa tersebut, Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Marwan Jafar mengapresiasi alokasi pembelanjaan dana desa Nagari Pakandangan  yang digunakan untuk 2 bidang kegiatan yaitu Pembangunan Desa dan Kesejahteraan masyarakat.

“Masyarakat disini sudah sesuai dengan ketentuan Permendesa No.5 Tahun 2015 dalam menggunakan dana desa yang sudah disalurkan ke rekening kas desa pada tanggal 31 September 2015,” ujar Marwan Jafar di desa Nagari Pakandangan, Padang Pariaman, seperti dikutip kemendesa.go.id, Kamis (8/10).

Marwan mengatakan, dana desa sebesar Rp300 juta, lebih banyak digunakan untuk membangun infrastruktur perdesaan. “Mayoritas digunakan untuk membangun infrastruktur perdesaan seperti Jalan rabat beton, pembangunan pos ronda, dan pembangunan destinasi pariwisata Nagari,” kata Marwan.

Selain itu, Nagari Pakandangan juga mengalokasikan dana desa untuk menunjang kesejahteraan masyarakat. Seperti pembinaan posyandu Nagari, Pengadaan sarana dan prasarana olah raga dan lain sebagainya.

“Ini sudah bagus, dana desa yang sudah disalurkan ke rekening desa sudah terserap dengan baik. Dan saya berharap hal ini juga bisa diikuti dengan desa-desa lainnya di Kabupaten Padang Pariaman,” imbuhnya.

Sebagai informasi Nagari Pakandangan terletak di kecamatan Enam Lingkung Kabupaten Padang Pariaman. Dengan luas wilayah Nagari 1289 hektare didominasi lahan sawah pertanian 409 Ha, pemukiman 495 Ha, ladang 12 Ha, perkebunan 25 Ha, Rawa 20 ha, Lapangan 6,5 Ha, lainnya 250 Ha.

Jumlah penduduk Nagari Pakandangan sebanyak 5588 jiwa dengan jumlah Kepala Keluarga 1173. Mayoritas masyarakat Nagari Pakandangan menjadi petani, buruh tani dan pedagang. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *