Oxfam Bakal Jangkau 100 Ribu Korban Gempa Palu dan Donggala | Villagerspost.com

Oxfam Bakal Jangkau 100 Ribu Korban Gempa Palu dan Donggala

Peta pusat gempa yang mengakibatkan tsunami dan menghantam Palu, Donggala dan sekitarnya di Sulawesi Tengah (dok. bmkg)

Jakarta, Villagerspost.com РLembaga kemanusiaan Internasional Oxfam saat ini telah menyiapkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan dasar untuk sejumlah 100 ribu korban terdampak gempa dan tsunami di Palu, Donggala dan wilayah sekitarnya di Sulawesi Tengah. Mitra lokal Oxfam saat ini tengah membuat penilaian atas situasi pasca gempa besar dan tsunami yang melanda pada Jumat (28/9) lalu.

Lembaga bantuan internasional tersebut juga bersiaga untuk memberangkatkan staf tambahan dan sumber daya ke wilayah tersebut untuk membantu tim relawan pemerintah.¬†“Ribuan orang pada wilayah yang sangat luas akan membutuhkan bantuan segera setelah bencana gempa dan tsunami ini,” kata Manajer Humanitarian Oxfam di Indonesia Ancilla Bere dalam siaran pers yang diterima Villagerspost.com, Minggu (30/9).

Sekira 1,5 juta orang bakal terkena dampak dari bencana tersebut, dan sejumlah sejumlah 830 jiwa lainnya meninggal dunia. Laporan sementara memperkirakan, setidaknya sejumlah 16 ribu lebih orang terpaksa mengungsi ke sejumlah 23 wilayah dan jumlah ini diperkirakan akan meningkat,

Jalur jalan utama yang menghubungkan kota Palu dan wilayah lain di Sulawesi Tengah terputus akibat tanah longsor dan bandara Palu hanya dapat beroperasi dengan setengah dari kapasitas aslinya. Hal ini membuat akses ke wilayah terdampak bencana semakin sulit.

“Oxfam saat ini berencana untuk menjangkau 100 ribu orang di Palu dan Donggala, dan bantuan ini akan difokuskan pada pemenuhan kebutuhan segera akan makanan siap saji, alat penyulingan air dan penyediaan hunian sementara,” tambah Ancilla.

Ancilla menegaskan, akses dan komunikasi memang menjadi kekhawatiran bersama dengan jalan utama terblokir akibat tanah longsor dan infrastruktur lainnya rusak berat. “Namun kami sangat bersemangat ketika mendengar bahwa TNI Angkatan Udara telah memobilisasi kekuatan armada udara militer untuk menjangkau warga di area terdampak,” pungkas Ancilla.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *