Pandemi Corona, Kementan Dorong Pasar Nasional Serap Buah Lokal

Aneka ragam buah lokal nusantara (dok. bkpd.jabarprov.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Merebaknya pandemi virus corona Covid-19 mendorong Kementerian Pertanian untuk memaksimalkan pasar nasional untuk menyerap produksi buah-buahan lokal. “Kita dorong buah-buahan ini bulan-bulan ini diserap oleh pasar nasional. Pasar nasional untuk buah manggis juga masih sangat besar jadi kita dorong,” kata Dirjen Hortikultura Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto, Sabtu (14/3).

Upaya mendorong pasar nasional menyerap buah lokal ini tidak terlepas dari adanya hambatan ekspor produk-produk asal Indonesia ke luar negeri di antaranya buah-buahan, sebagai dampak dari penyebaran virus corona yang telah ditetapkan sebagai pandemi oleh WHO. Menyikapi hal tersebut, tentu pemerintah mendorong produk-produk unggulan bisa diserap oleh pasar nasional sendiri di antaranya buah-buahan asal Indonesia yang menjadi primadona di negara lain seperti manggis.

Prihasto mengatakan masyarakat Indonesia bisa lebih mudah mendapatkan buah-buahan asal Indonesia yang berkualitas ekspor di pasar nasional. “Pasalnya buah kualitas ekspor ini jarang dijual di pasaran nasional. Sehingga masyarakat didorong untuk memanfaatkan momen ini,” ujar dia.

Menurutnya indikasi penurunan ekspor buah-buahan di Indonesia sudah mulai terlibat. Hal ini dikarenakan tertutupnya akses ke negara lain yang mulai memberlakukan pembatasan sebagai langkah antisipasi virus corona.

Prihasto mengatakan situasi saat ini tidak perlu dirisaukan secara berlebihan khususnya bagi para petani. Ia bertekad setelah kondisi kembali kondusif dan stabil, pemerintah akan mendorong kembali ekspor produk hortikultura asal Indonesia termasuk dari Purwakarta. “Setelah corona ini reda kita genjot lagi ekspor,” ujarnya.

Sementara itu, Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika mengatakan virus corona memang berdampak pada ekspor buah manggis Purwakarta. Sebab sebagian besar ekspor manggis Purwakarta ditujukan ke Cina. Dia berharap, peluang ekspor ke negara lain bisa dilakukan agar buah manggis Purwakarta bisa semakin mendunia.

Meski demikian, Anne menilai ini menjadi momen mengenalkan manggis unggulan Purwakarta ke pasar nasional. Sehingga masyarakat bisa semakin mencintai buah lokalnya sendiri. “Ini kesempatan bagi manggis Purwakarta jadi primadona di daerahnya sendiri. Nilai gizi tidak kurang yang masyarakat ketahui, hari ini berlimpah,” ujar Anne.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.