PDB Perikanan Triwulan I Tumbuh 8,64%

Data PDB Perikanan Triwulan I 2015 (Sumber: Kementerian Kelautan dan Perikanan)
Data PDB Perikanan Triwulan I 2015 (Sumber: Kementerian Kelautan dan Perikanan)

Jakarta, Villagerspost.com – Pendapatan Domestik Bruto (PDB) perikanan Indonesia pada trwiulan I naik sekitar 8,64%. Dari data yang dirilis Kementerian Kelautan dan Perikanan, hari ini, Rabu (13/5) diketahui, PDB perikanan atas dasar harga berlaku (ADHB) tahun triwulan I 2015 mencapai Rp67,08 triliun. Sementara di periode yang sama tahun 2014 mencapai Rp56,64 triliun.

Seperti diketahui, PDB sendiri menjadi salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu negara dalam suatu periode tertentu. PDB pada dasarnya merupakan jumlah nilai tambah yang dihasilkan oleh seluruh unit usaha dalam suatu negara tertentu, atau merupakan jumlah nilai barang dan jasa akhir yang dihasilkan oleh seluruh unit ekonomi.

PDB atas dasar harga berlaku menggambarkan nilai tambah barang dan jasa yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada setiap tahun. PDB atas dasar harga berlaku dapat digunakan untk melihat pergeseran dan struktur ekonomi.

Sedangkan PDB atas dasar harga konstan (ADHK) menunjukkan nilai tambah barang dan jasa tersebut yang dihitung menggunakan harga yang berlaku pada satu tahun tertentu sebagai dasar. PDB atas dasar harga konstan digunakan untuk mengetahui pertumbuhan ekonomi dari tahun ke tahun.

Dari data yang dirilis pihak KKP, diketahui PDB ADHK triwulan I 2015 mencapai Rp48,86 triliun. Sedangkan pada periode yang sama di tahun 2014 mencapai Rp44,97 triliun.

Dari data itu juga diketahui, kenaikan PDB perikanan triwulan I tahun 2015 juga melebihi PDB dari sektor lain di periode yang sama. PDB Pertanian misalnya, hanya mencatat kenaikan 3,8%. Sedangkan PDB kehutanan dan penebangan kayu hanya mencapai 1,24 persen. Bahkan PDB perikanan kenaikannya melebihi rata-rata kenaikan PDB nasional di triwulan I 2015 yang hanya mencapai 4,71%. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *