Pelatihan Pengelolaan BUMDes, Perkuat Ketahanan Pangan

Pelatihan pengelolaan manajemen BUMDes di Makassar (dok. KATALIS)
Pelatihan pengelolaan manajemen BUMDes di Makassar (dok. KATALIS)

Makassar, Villagerspost.com – Pengelolaan manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dinilai penting untuk memperkuat ketahanan pangan bagi kelompok miskin di pedesaan. Karena itu, Perkumpulan KATALIS bekerjasama dengan KRKP (Koalisi Rakyat untuk Kedaulatan Pangan) serta atas dukungan Unilever foundation dan OXFAM mengadakan kegiatan Pelatihan Pengelolaan BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) di Hotel Gahara, Makassar.

Pelatihan berlangsung sejak Rabu (14/12) hingga Jumat (16/12) hari ini. Pelatihan selama dua hari ini dimaksudkan untuk membekali para peserta berupa kemampuan mengelola BUMDes untuk selanjutnya diterapkan di Desa mereka masing masing. Materi yang diberikan diantaranya Manajemen Pngelolaan BUMDes, Pengelolaan keuangan dan strategi pemasaran produk.

Direktur Perkumpulan Katalis Siswan, S.Pd dalam sambutannya menekankan pentingnya memiliki pengetahuan terkait dengan penegelolaan BUMDes. “Hal ini penting agar dapat terjadi sinergi yang baik dalam pelaksanaanya di lapangan, terutama terkait dengan dasar hukum kelembagaan, perencanaan, pengorganisasian, impementasi, pelaporan dan lebih detail lagi tentang penyertaan modal, Pemerintah Desa serta pembagian Sisa Hasil Usaha (SHU),” ujarnya.

Siswan berharap, berharap pengalaman dari para peserta juga akan saling menguatkan dalam pengelolaan BUMDes ke depan. “Perkumpulan KATALIS akan terus mendorong peningkatan kapasitas pengelola BUMDes melalui berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan,” ujarnya.

Pelatihan ini diikuti oleh perwakilan dua Kabupataen di Sulsel yaitu Kabupaten Takalar (Desa Cikoang dan Desa Pattopakaang) dan Kabupaten Pangkep (Desa Pitusunggu dan Desa Tamarupa) yang juga merupakan binaan dari Perkumpulan KATALIS dalam pembentukan dan pengembangkan BUMDes mereka. Diantara para peserta adalah Kepala Desa, Sekertaris Desa, Direktur BUMDes, bendahara BUMDes, dan pengurus BUMDes di desa asal mereka masing masing.

Perwakilan peserta dalam beberapa sesi diskusi banyak menyampaikan harapan terkait akses informasi, kemasan serta pasar bagi produk-produk mereka. Mereka berharap KATALIS dapat senantiasa mendampingi mereka dalam pengembangan produktivitas desa melalui BUMDes agar tercipta lapangan kerja baru, peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatan Sumber Daya Manusia dan pengembangan potensi desa lainnya bagi kemajuan Desa.

Ikuti informasi terkait BUMDes >> di sini <<

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *