Pemerintah Janji tak Telantarkan PPL

Penyuluh pertanian memberikan penyuluhan kepada petani (dok. sekretariat kabinet)

Jakarta, Villagerspost.com – Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengatakan, pemerintah tak akan menelantarkan para Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL). Dia menegaskan, peran PPL sangat penting lantaran keberhasilan Indonesia swasembada beras tidak terlepas dari peranan PPL dalam membantu petani.

“Saat ini ada sekitar 23 ribu PPL, dari kebutuhan tenaga sekitar 70 ribu PPL,” kata Amran dalam acara penyerahkan sertifikat formasi hasil Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) penyuluh pertanian, di Ungaran, Semarang, Selasa (11/4).

Toh, dengan adanya kekurangan tenaga PPL itu, kata Amran, para penyuluh tetap bisa bekerja maksimal dan berperan serta dalam keberhasilan pemerintah meraih swasembada pangan. Karena itu, Amran meminta, para PPL meneruskan pengabdiannya dengan segenap komitmen dan tenaga. “Saya minta THL harus jujur dalam bekerja, dengan tekad dan komitmen membantu petani”..

Dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga menyampaikan apresiasinya. Menurut Ganjar, penyuluh harus tetap ada. “Karena penyuluh-lah yang membantu petani menyelesaikan persoalan petani dan manfaatkanlah teknologi untuk membantu petani dalam mengatasi persoalan pertanian,” kata Ganjar.

Idealnya, menurut dia, ada satu penyuluh untuk satu desa, dan itu belum terpenuhi saat ini. “Tetapi ini dapat disiasati dengan mem-bridging (menjembatani-red) kekurangan tenaga dengan memanfaatkan teknologi,” tegasnya.

Perwakilan Komisi IV Herman Chaerun dalam kesempatan itu menyampaikan, pengangkatan CPNS penyuluh pertanian bukan sekadar status tetapi spirit yang harus diutamakan dalam membantu petani. “Karena pengangkatan CPNS penyuluh pertanian adalah sesuatu hal yang luar biasa terkait saat itu pengangkatan CPNS masih dalam moratorium,” ujarnya.

Dari 6.089 orang yang mengikuti seleksi CPNS Penyuluh Pertanian Tahun 2016, 6058 dinyatakan lulus seleksi. Sebelumnya telah ditandatangani nota kesepahaman antara Kementerian Pertanian dengan 441 Bupati/Walikota 34 propinsi dalam rangka pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) penyuluh pertanian yang berasal dari Tenaga Harian Lepas dan Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian pada September 2016. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *