Pemprov Sulsel Tertarik Adopsi Sistem Pengelolaan Pertanian dan Peternakan Jepang

Prosesi panen raya padi di Sulawesi Selatan tahun 2014 silam (dok. pertanian.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah berencana untuk mengadopsi sistem pengelolaan pertanian dan peternakan model Jepang. Di sana menurut dia, pertanian dan peternakan dikelola dengan memadukan kemampuan sumber daya manusia dan teknologi.

Kemudian, pertanian dan peternakan di Jepang juga dikelola oleh pemerintahan daerah. “Beberapa waktu lalu kami ke Jepang. Mereka mengembangkan peternakan itu oleh pemerintah daerah. Petani di sekitarnya menitipkan ternaknya untuk digemukkan,” kata Nurdin, dalam keterangan persnya, Selasa (22/1).

Karena itu, kata dia, untuk mempelajari lebih jauh sistem pengelolaan pertanian dan petenakan di Jepang, dia dalam waktu dekat mengagendakan untuk kembali melakukan kunjungan kerja ke Jepang. “Saya Insya Allah akan meninjau bagaimana cara mengelola peternakan. Jujur saja, kami ini kalau pas hari raya kebutuhan daging pasti impor,” jelasnya.

“Impor kami tidak tanggung-tanggung, asal negaranya juga mengkhawatirkan. Iya mungkin pertama kualitas, kedua cara potongnya apakah sesuai dengan agama kami,” jelas Nurdin lagi.

Padahal menurut dia, potensi sektor pertanian maupun peternakan di Sulsel sangat besar. Karena itu, kata Nurdin dia mendorong kabupaten dan kota di Sulsel berinovasi dalam upaya pengembangan dua sektor tersebut.

Untuk pertanian dan peternakan, Nurdin tengah menggenjot pengembangan sumber daya di Kabupaten Enrekang. “Enrekang ini adalah daerah yang sangat potensial sekali. Baik dari perkembangan pertanian, peternakan, dan pariwisatanya,” ungkap Nurdin.

Kabupaten yang identik dengan dataran tinggi itu memiliki potensi yang tak kalah dibandingkan dengan daerah lain. Umumnya, komoditas utama dalam sektor pertanian Enrekang adalah bawang merah. Sementara dalam sektor peternakan, daerah yang dikenal dengan sebutan Bumi Massenrempulu itu memiliki potensi besar dalam pengembangbiakan sapi.

Jika dua sektor utama itu dikelola dengan baik, tidak menutup kemungkinan sumber daya yang dimiliki Enrekang akan sangat membantu untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakat Sulsel. Pengelolan dengan baik dipastikan berdampak pada peningkatan sistem perputaran roda ekonomi masyarakat.

Bupati Enrekang Muslimin Bando mengapresiasi upaya Pemprov Sulsel melalui Gubernur Nurdin Abdullah untuk membantu mengembangkan sektor pertanian dan peternakan. “Sangat berterima kasih kepada Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah yang sudah berkunjung ke Enrekang,” tambahnya.

Peninjauan di Negeri Sakura nanti diharapkan dapat menghasilkan sesuatu yang terbaik dalam pengelolaan dua sektor utama Enrekang. Utamanya untuk membantu mendorong upaya pengembangan hasil produksi utama masyarakat.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *