Peran BPD Awasi Dana Desa Harus Ditingkatkan | Villagerspost.com

Peran BPD Awasi Dana Desa Harus Ditingkatkan

Skema penyaluran dana desa (dok. kementerian keuangan)

Jakarta, Villagerspost.com – Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, penting untuk memberdayakan BPD dalam pengawasan dana desa yang saat ini dinilai banyak diselewengkan. Hal itu diungkapkan Fadli Zon, saat menerima aspirasi yang disampaikan Ketua Umum Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) Deden Syamsuddin beserta jajaran, di Gedung Nusantara III DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/2).

Fadli memastikan akan berkirim surat kepada pemerintah untuk dapat mengefektifkan peran Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dalam mengawasi Dana Desa. “Saat ini banyak kasus penyelewengan Dana Desa di beberapa wilayah. Untuk itu, memberdayakan BPD yang ada di hampir setiap desa diharapkan dapat mengurangi penyelewengan Dana Desa,” kata Fadli.

“Selain itu, Anggota BPD juga bisa diberdayakan dalam memberikan pendampingan kepada masyarakat,” tambah politikus Partai Gerindra itu.

Sebelumnya, di hadapan Fadli Zon, Deden menyampaikan keluhannya mengenai asosiasi BPD yang kurang mendapat perhatian dari pemerintah. Padahal, BPD dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

“BPD adalah penyelenggara pemerintah bersama perangkat desa. Tugas kami itu mengawasi, menerima aspirasi, memberikan informasi serta merencanakan anggara. Namun selama ini pemerintah hanya fokus kepada perangkat desa saja. Jangan sampai kami dilahirkan tetapi dilupakan,” keluh Deden.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *