Persiapkan Desa Wisata, TN Bunaken Gelar Lomba Bersih Desa | Villagerspost.com

Persiapkan Desa Wisata, TN Bunaken Gelar Lomba Bersih Desa

Penyerahan Hadiah Juara I Lomba Bersih Desa TN BUnaken oleh Ketua Komisi IV DPR Edhy Prabowo (dok. villagerpost.com/eko handoyo)

Bunaken, Villagerspost.com – Kebersihan lingkungan merupakan salah satu syarat untuk membudayakan hidup bersih. Karena itulah pihak Taman Nasional Bunaken menggelar kegiatan lomba bersih desa yang diikuti oleh desa-desa di sekitar TN Bunaken.

“Harapannya, dari hal yang kecil seperti ini dapat menumbuhkembangkan rasa cinta kebersihan lingkungan dan tempat tinggal masing-masing,” kata Angelin Senny selaku pelaksana kegiatan, kepada Villagerspost.com, Senin (18/12).

Lomba bersih desa ini diikuti oleh Kelurahan Bunaken, Kelurahan Alung Banua di Pulau Bunaken, Kelurahan Manado Tua I dan Kelurahan Manado Tua II di Pulau Manado Tua yang pada kedua pulau tersebut merupakan Kecamatan Bunaken Kepualauan Kota Manado. Lomba kebersihan antar kelurahan menyangkut penilaian mengenai kebersihan fasilitas umum antara lain kantor lurah, balai pertemuan, gereja, masjid dan sebagainya dengan ditambah ketersediaan MCK pada masing-masing kelurahan.

“Demikian pula pada setiap rumah warga dinilai halaman rumah, pot tanaman bunga, tanaman hijau lainnya, sedangkan untuk jalan umum juga dilihat pada tempat sampah, tanaman kesehatan, tanaman pohon di pinggir jalan, dan beberapa tambahan penilaian lainnya,” kata Angelin.

Tim penilai terdiri dari Musyawarah Pimpinan Kecamatan yaitu Camat, Kapolsek, dan Danramil. Angelin mengaskan, kegiatan lomba kebersihan merupakan kesiapan desa dalam mendukung atraksi wisata yang ada di Taman Nasional Bunaken sekaligus akan mendukung dalam pengelolaan kawasan, kesadaran warga dalam menjaga lingkungan dan menyokong program pemerintah daerah.

Lomba kebersihan Desa dilaksanakan pada tanggal 14 Desember 2017. Sementara penyerahan hadiah dilaksanakan pada Senin (18/12). Hasil penilaian dari tim juri memutuskan, sebagai pemenang Juara I adalah Kelurahan Bunaken. Sementara, Juara II diraih Keluarahan Manado Tua II, serta Juara III diraih Keluarahan Manado Tua I. Untuk Juara Harapan diraih oleh Kelurahan Alung Banua.

Angelin menyampaikan, kegiatan bersih desa merupakan penguatan bagi desa untuk mendukung destinasi wisata. “Secara umum hasil penelitian mengatakan, 35% wisatawan adalah mengunjungi nature (alam), selanjutnya 60% adalah culture (budaya) dan 5% adalah manmade (buatan manusia), sehingga kebersihan desa sangat mendukung dalam ketiga aktivitas wisata itu di Taman Nasional Bunaken,” tegasnya.

Pemberian hadiah bagi para pemenang dilaksanakan di Taman Hutan Raya (Tahura) H.V Worang Gunung Tumpa, bertepatan dengan kunjungan Komisi IV DPR RI. Trofi Juara I diserahkan oleh Ketua Komisi IV DPR Edhy Parbowo. Untuk trofi Juara II diserahkan oleh Dirjen PSKL Dr. Bambang Supriyanto, trofi Juara III diserahkan oleh Asisten I Pemprov Sulawesi Utara. Untuk trofi Juara Harapan diserahkan oleh Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Utara.

Laporan/Foto: Eko Wahyu Handoyo, PEH pada Balai TN Bunaken, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

 

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *