Petambak Bumi Dipasena Tanam 10.000 Mangrove | Villagerspost.com

Petambak Bumi Dipasena Tanam 10.000 Mangrove

Para petambak Dipasena menyiapkan bibit magrove untuk ditanam (dok. p3uw lampung)

Para petambak Dipasena menyiapkan bibit magrove untuk ditanam (dok. p3uw lampung)

Lampung, Villagerspost.com – Ratusan keluarga petambak dibumi dipasena melakukan penanaman 10.000 batang pohon mangrove yang terdiri dari jenis pidada (Sonneratia), nipah, dan bakau (Rhizopora sp). Acara penanaman mangrove itu dilakukan di bendungan saluran utama sumber air Kampung Bumi Dipasena Abadi, hari ini, Minggu (14/2).

Acara yang dimotori oleh Perhimpunan Petambak Pengusaha Udang Wilayah (P3UW) Lampung, PPNI Bareta dan Baramuda itu merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai bagian dari aksi hari kebangkitan petambak Bumi Dipasena yang diperingati setiap bulan Maret. Penanaman mangrove di Bumi Dipasena sering kali dilakukan terutama di musim penghujan dimana air bersalinitas rendah dan kesediaan bibit memeadai.

(Baca Juga: Revitalisasi Mandiri Tambak Dipasena Rampung)

Bibit-bibit magrove mulai ditanam di tepian bendungan (dok. p3uw lampung)

Bibit-bibit magrove mulai ditanam di tepian bendungan (dok. p3uw lampung)

Kepala Kampung Bumi Dipasena Abadi Nuh Hudowi mengungkapkan, sebelumnya areal penanaman adalah daratan yang terkikis air sungai, yang kemudian menyebabkan sumber airĀ  untuk budidaya terkontaminasi oleh air buangan. “Alhamdulillah kerja keras seluruh masyarakat bendungan ini telah berhasil dibuat dan sekarang tugas kami menjaga alam agar kondisinya bisa mengamankan sumber air kami,” kata Hudowi kepada Villagerspost.com.

Nuh Hudowi menambahkan, kegiatan perbaikan danĀ  penanaman seperti kali ini sudah sering kali dilakukan secara mandiri oleh masyarakat dengan dana swadaya dan semangat gotong royong. “Saya berharap pemerintah pusat mau pun daerah dapat terlibat lebih aktif dalam upaya-upaya kemandirian masyarakat membangun area pertambakan Bumi Dipasena,” tegasnya.

Petambak Dipasena bahu membah menanam 10.000 bibit mangrove (dok. p3uw lampung)

Petambak Dipasena bahu membah menanam 10.000 bibit mangrove (dok. p3uw lampung)

Mangrove merupakan komponen yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat di Bumi Dipasena, usaha budidaya udang yang menjadi tulang punggung ekonomi mereka sangat bergantung pada kulitas air dan kondisi lingkungan. Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Kampung Bumi Dipasena abadi dan mahasiswa KKN dari perguruan tinggi lokal.

“Tujuan dari kegiatan penanaman ini selain untuk mengamankan bendungan dari dampak abrasi juga untuk menjaga kualitas air di sekitar bendungan dan area budidaya di bumi dipasena,” pungkas Nuh Hudowi. (*)

Laporan: Ari Suharso, Petambak eks Dipasena Lampung

Ikuti informasi terkait petambak eks Dipasena >> di sini <<

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *