Plan Indonesia Mendistribusikan 2020 Paket Hygiene Kit di Jakarta dan Bogor

Distribusi paket kebersihan pribadi di daerah Palmerah (dok. plan indonesia)

Jakarta, Villagerspost.com – Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) melanjutkan kegiatan tanggap terhadap pandemi COVID-19. Pekan ini Plan Indonesia melaksanakan distribusi alat kebersihan diri untuk beberapa wilayah di Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Kabupaten Bogor. Kegiatan ini dilaksanakan setelah distribusi serupa di wilayah Indonesia Timur sejak April silam.

Kegiatan tanggap COVID-19 di beberapa wilayah Jakarta dan Bogor ini berupa distribusi hygiene kit atau paket kebersihan diri sebanyak 2020 paket untuk 2020 keluarga yang didistribusikan melalui para mitra Plan Indonesia pada pertengahan bulan Juni ini di 34 kelurahan di Jakarta dan empat kelurahan di Bogor, Jawa Barat. Distribusi paket kesehatan diri ini dilaksanakan mitra kerja Plan Indonesia termasuk oleh Yayasan Bilur Padi dan paket didistribusikan di wilayah Marunda, Slipi, Cipinang Cempedak, Palmerah dan Bidara Cina untuk wilayah Jakarta.

Plan Indonesia mendistribusikan 2.020 paket kebersihan pribadi di beberapa wilayah dampingan sebagai implementasi program Plan Indonesia untuk membantu masyarakat menjaga perilaku hidup bersih dan sehat (dok. plan indonesia)

Para mitra mengantar paket langsung ke masing-masing rumah penerima serta dengan cara distribusi di beberapa titik posko di wilayah tersebut. Pelaksanaan distribusi ini dengan mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker pelindung dan tetap menjaga jarak ketika pelaksanaan. Saat distribusi pihak mitra menyediakan tempat dan penerima manfaat akan mengambil langsung ke tempat tersebut dengan jadwal yang sudah ditentukan serta memastikan proses distribusi tetap mengikuti protokol Pembatasan Sosial Berskala Besar di wilayah Jakarta dan Bogor.

“Saat masa pandemik ini pengeluaran keluarga meningkat maka Plan Indonesia memberikan paket perlengkapan kebersihan pribadi atau hygiene kit termasuk paket pembalut untuk memenuhi kebutuhan spesifik perempuan saat menstruasi untuk area dampingan kami di Jakarta,” kata Ahmad Semar, Marketing Communication Specialist Plan Indonesia sebagai pelaksana program distribusi untuk Jakarta dan Bogor.

Dalam pelaksanaan distribusi, Plan Indonesia mengutamakan keamanan dan kesehatan penerima manfaat, dengan menerapkan protokol-protokol jaga jarak, menjaga kebersihan tangan, dan mendisinfektasi seluruh barang yang dibagikan. (dok. plan indonesia)

2020 paket kebersihan untuk 2020 keluarga ini terdiri dari sabun tangan, hand-sanitizer, masker pelindung dan tampon. Kegiatan distribusi ini dilakukan berpedoman pada Standard Operating Procedure (SOP) yang telah dibuat, sehingga keamanan staf Plan Indonesia dan staf mitra wilayah dampingan menjadi prioritas utama. Mulai dari pendataan penerima manfaat, persiapan distribusi, dan saat pelaksaan distribusi hingga kegiatan distribusi selesai.

Plan Indonesia juga mengajak masyarakat luas untuk turut berkontribusi cegah penyebaran COVID-19 melalui donasi. Donasi dapat dilakukan dengan mengakses: https://www.pedulisehat.id/solidaritascegahcovid.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *