PSBB Pemerintah Harus Jamin Kesediaan Pangan

Ilustrasi sembilan bahan pokok (dok. kabupaten bantul)

Jakarta, Villagerspost.com – Pemerintah pusat dan daerah harus mampu menjamin ketersediaan pangan selama memberlakukan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). “Pemerintah lokal harus menyiapkan dan menjamin kelancaran penyediaan kebutuhan hidup dasar seperti logistik pangan,” kata anggota Komisi IV DPR Fauzi H. Amro, dalam siaran persnya, Selasa (14/4).

Selain menjamin ketersediaan pangan, Fauzi mengatakan, pemerintah juga perlu menjamin adanya persiapan layanan kesehatan, keamanan, anggaran dan operasionalisasi pengaman sosial dan kesiapan masyarakat untuk menerapkan PSBB dalam keberlangsungan hidupnya. Pemerintah sejauh ini telah menyetujui pemberlakuan PSBB untuk DKI Jakarta, dan daerah penyangga Jakarta seperti Kota dan Kabupaten Bekasi, Kota dan Kabupaten Bogor, Kota Depok hingga Tangerang Raya.

Penerapan PSBB pun telah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 6 Tahun 2020. Kepala daerah diminta menyampaikan informasi tentang kesiapan daerah terkait ketersediaan kebutuhan hidup dasar rakyat. Fauzi menjelaskan, dalam aturan PSBB yang dikeluarkan Kemenkes, tak dijelaskan detail ketersediaan logistik pangan seperti apa, namun secara umum sudah mengerti apa yang dimaksud logistik pangan.

Misalnya, ketersediaan sembilan kebutuhan bahan pokok (sembako) seperti beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam, daging ayam dan sapi, garam, susu termasuk ketersediaan sayur mayur dan lauk-pauk lainnya. “Itu harus tersedia di pasaran maupun dipasok oleh Pemda ke rumah-rumah warga seperti yang dilakukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Jakarta selama pelaksanaan PSBB,” kata politukus Nasdem itu.

Fauzi menilai langkah yang dilakukan Gubernur Anies Baswedan dalam penerapan PSBB di Jakarta sudah tepat, dari pembagian sembako ke rumah warga dengan memberdayakan perangkat RT-RW setempat. “Itu sangat membantu bagi masyarakat terutama kalangan menengah ke bawah, yang memang mengalami kesulitan ekonomi di masa-masa seperti sekarang,” pungkasnya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *