Raskin Jadi Beras Sejahtera | Villagerspost.com

Raskin Jadi Beras Sejahtera

Stok beras di gudang bulog. DPR ubah nama raskin jadi beras sejahtera (dok. kemendag.go.id)

Stok beras di gudang bulog. DPR ubah nama raskin jadi beras sejahtera (dok. kemendag.go.id)

 

Jakarta, Villagerspost.com – Beras untuk kalangan tak mampu yang selama ini dikenal dengan nama beras miskin (raskin) akan diubah namanya menjadi beras sejahtera (rastra). Dengan adanya perubahan ini diharapkan tidak ada lagi cerita orang miskin menerima beras yang sudah apek, menghitam dan busuk.

Ketua Komisi IV Edhy Prabowo mengatakan, dengan perubahan ini, diharapkan ada perubahan kualitas beras yang diterima rakyat miskin. Dan yang lebih penting, beras ini disalurkan tepat kepada Rumah tangga Sasaran (RTS).

“Beras sejahtera ini diartikan jangan menganggap mendeskriditkan orang, supaya bahasa penyebutannya lebih enak didengar. Yang paling penting bukan namanya tapi yang paling penting adalah kualitasnya yang sampai kepada RTS tidak berkutu, berbau dan pecah pecah sehingga kualitasnya harus terjamin,” kata Edhy Prabowo seperti diktuip dpr.go.id, Jumat (18/9).

Politisi Partai Gerindra ini mengaspresiasi kinerja Bulog atas realisasi pelaksanaan subsidi Rastra Tahun 2015. Bulog sampai dengan tanggal 23 Juli 2015 telah melaksanakan 89% atau Rp17 triliun, dari pagu Subsidi Rastra Tahun 2015 sebesar Rp18,939 triliun.

Kemudian untuk mengantisipasi danpak El Nino terhadap ketahanan pangan, Komisi IV menyetujui usulan tambahan anggaran Bulog pada APBN 2015 sebesar Rp3,373 triliun. Dana tersebut dialokasikan untuk tambahan 2 kali penyaluran beras di bulan September dan November 2015. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *