Resmikan Kapal Pengangkut Ternak, Jokowi Harap Harga Sapi Murah | Villagerspost.com

Resmikan Kapal Pengangkut Ternak, Jokowi Harap Harga Sapi Murah

Kapal pengangkut ternak KM Camara 1 yang diresmikan Presiden Jokowi (dok. setkab.go.id)

Kapal pengangkut ternak KM Camara 1 yang diresmikan Presiden Jokowi (dok. setkab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo meresmikan kapal khusus pengangkut ternak KM Camara 1, di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jatim, Selasa (10/11) siang. Presiden Jokowi berharap dengan adanya kapal pengangkut ternak itu, bisa membuat harga khususnya daging sapi turun.

Menurut Jokowi, kapal khusus pengangkut ternak itu akan membuat pelayanan angkutan untuk rakyat maupun untuk ternak bisa terpenuhi dengan baik. Dengan demikian, distribusi logistik nasional akan berjalan dengan baik, sehingga akhirnya harga-harga juga bisa turun karena angkutannya memakai angkutan laut yang murah.

“Tadi Menteri Perhubungan menyampaikan, tahun ini 200 kapal, tahun depan 160 kapal lagi, tahun depannya, tambahannya seperti ini 160, 200, 160, 200,” terang Presiden Jokowi seperti dikutip setkab.go.id.

Kepala Negara mengaku senang saat ini Indonesia bisa mempunyai kapal angkutan ternak. Apalagi kapasitasnya cukup besar yaitu bisa memuat 500 ekor sapi.

Dengan adanya kapal angkutan ini, maka pengangkutan sapi tidak lagi menempuh jarak perjalanan darat yang sangat panjang dari Nusa Tenggara Timur (NTT) ke kota besar misalnya, Jakarta. Selama ini dengan pengiriman menggunakan truk membuat konsumen mengeluh, kiriman sapi dari NTT sampai di Jakarta sapinya lemas.

“Tadi Pak Menteri Perhubungan menyampaikan, ada 500 ruang yang diberikan untuk sapi, standarnya juga standar internasional karena itu yang harus kita penuhi. Semuanya ada,” tegas Presiden Jokowi.

Presiden berharap, nantinya arus barang, arus ternak dari lokasi-lokasi provinsi yang ternaknya banyak bisa dipasarkan ke kota-kota yang membutuhkan, dan dengan perserdiaan angkutan yang murah sehingga bisa bersaing dengan sapi-sapi dari negara yang lain.

Menurut Presiden Jokowi, kekalahan kita selama ini selalu pada harga angkutan. Sapi dari Australia bisa masuk ke Jakarta harganya bisa berkompetisi dengan kita, karena harga transportasinya, biaya transportasinya sangat murah, sangat murah sekali.

“Kita kalahnya di transportasi dari provinsi ke provinsi yang masih sangat mahal. Ini yang kita targetkan agar satu per satu bisa kita selesaikan,” tutur Jokowi.

Nampak hadir dalam acara peresmian itu di antaranya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Gubernur Jatim Soekarwo. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *