Rumah Koran Desa Kanreapia Terima Penghargaan Kampung Iklim 2020

Seremoni virtual pemberian penghargaan Kampung ProKlim kepada Komunitas Rumah Koran (dok rumah koran)

Gowa, Villagerspost.com – Rumah Koran, komunitas tempat belajar anak-anak petani di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, meraih penghargaan Program Kampung Iklim (ProKlim) 2020 kategori utama dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Penghargaan tersebut diserahkan dalam sebuah seremoni secara virtual, Jumat (23/10).

Rumah Koran terpilih sebagai pemenang karena selama ini dinilai aktif membawakan kegiatan-kegiatan sosial berbasis lingkungan. Kegiatan-kegiatan adaptasi dan mitigasi lingkungan tersebut selama ini telah mendapat dukungan dan dampingan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa.

Jamaluddin Daeng Abu, Ketua Rumah Koran, menerima penghargaan ProKlim (dok rumah koran)

Ketua Rumah Koran Jamaluddin Daeng Abu berharap, melalui penghargaan tersebut desanya bisa lebih maju dan lestari. “Karena kampung Iklim, merupakan program yang memperhatikan semua aspek, baik Alam, lingkungan maupun ekonomi penduduknya,” ujarnya, usai menerima penghargaan Kampung ProKlim.

Jamal mengatakan, potensi sumber daya alam Desa Kanreapia sangat melimpah terutama pada pertanian hortikultura. “Penghargaan kampung iklim ini kami persembahan untuk teman-teman seperjuangan, pemerintah dan masyarakat Desa Kanreapia, masyarakat Tombolo Pao dan masyarakat Kabupaten Gowa, karena penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras banyak pihak,” tegas Jamal.

“Tak lupa kami ucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah setempat, Pemerintah Kecamatan, Camat Tombolo Pao Astan S. Sos, dan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Azhari AP,.MM, atas dampingan dan dukungan yang telah di lakukan selama ini,” tambah Jamal.

Dia berharap dengan adanya penghargaan ini,akan lebih banyak lagi pihak yang bisa terlibat. “Dengan demikian kita akan lebi mampu memperkuat upaya penanganan perubahan iklim secara global, seperti ketahanan pangan, ketahanan energi, dan peningkatan kesejahteraan masyarakat,” ujar Jamal

Penghargaan Kampung Iklim merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam rangka meningkatkan keterlibatan masyarakat dan pemangku kepentingan lain untuk melakukan penguatan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Laporan/Foto: Tim Rumah Koran

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *