Rumah Koran Juara 3 Millenial Berkarya 2018

Jamaluddin Daeng Abu, berpose dengan trofi juara ketiga yang berhasil disabet Rumah Koran di ajang Millenial Berkarya 2018 (dok. rumah koran)

Gresik, Villagerspost.com – Rumah Koran, sebuah gerakan literasi bagi masyarakat desa di Desa Kanreapia, Kecamatan Tombolo Pao, Gowa, Sulawesi Selatan, kembali mendapatkan penghargaan bergengsi. Gerakan yang diinisiasi oleh tokoh muda penggerak pertanian organik Jamaluddin Daeng Abu tersebut berhasil meraih penghargaan terbaik ketiga di ajang Millenial Berkarya 2018.

“Saya sangat terharu dengan adanya apresiasi ini. Ini menunjukkan banyak pihak saat ini masih peduli pada orang-orang atau lembaga yang berjuang, bergerak untuk memajukan masyarakat desa, khususnya melalui gerakan literasi seperti yang dilakukan Rumah Koran,” kata Jamaluddin Daeng Abu, kepada Villagerspost.com, Selasa (16/10).

Millenial Berkarya 2018 adalah ajang Kompetisi yang diadakan Oleh PT Semen Indonesia. Ajang ini merupakan acara tahunan untuk mencari pemuda-pemuda Indonesia yang mempunyai inovasi atau karya untuk di bantu mewujudkan program mereka.

Sebanyak 20 Finalis Millenial Berkarya 2018 lolos di tahap penjurian dan coaching clinic yang berasal dari provinsi yang berbeda dari seluruh Indonesia. Salah satunya dari Kabupaten Gowa Sulawesi Selatan, yakni Gerakan Cerdas Anak Petani Sekolah Desa, Sekolah Anak Petani atau di kenal dengan nama Rumah Koran.

Rumah Koran berhasil menyabet gelar Juara 3 tingkat nasional. “Ini adalah hasil kerja tim dan perjalanan teman-teman di Kabupaten Gowa. Saya tidak bekerja sendiri tetapi bersama temna-teman i kampung halaman,” tegas Jamaluddin.

Salah satu dewan juri Mas Yu Sing di sela-sela acara pengumuman mengatakan, Sekolah Desa, Sekolah Anak Petani, atau Rumah Koran dipilih menjadi juara ketiga karena telah mampu menjalankan program-program mereka secara nyata.

“Rumah Koran juga telah memberikan perubahan pola pikir pada tingkat masyarakat yakni melahirkan program literasi dan pertanian organik sehingga Rumah Koran layak menjadi Juara 3,” tegasnya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *