Sektor Perikanan dan Kelautan Mamuju Tengah Perlu Perhatian Pemerintah | Villagerspost.com

Sektor Perikanan dan Kelautan Mamuju Tengah Perlu Perhatian Pemerintah

Presiden Joko Widodo meninjau petambakan udang di Mamuju (dok. setkab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Anggota Komisi IV DPR RI Ibnu Munzir mengatakan, Kabupaten Mamuju Tengah, Sulawesi Barat memiliki potensi besar di sektor perikanan dan kelautan. Sayangnya saat ini potensi tersebut belum dikelola dengan baik. Karena itu, Komisi IV DPR meminta agar pemerintah memberikan perhatian besar pada sektor perikanan dan kelautan Kabupaten Mamuju Tengah.

Politisi Golkar itu mengatakan, potensi alam di sektor perikanan dan kelautan yang dimiliki Kabupaten Mamuju Tengah jika tidak dikelola dengan maksimal, akan sia-sia potensi tersebut. Potensi ini, kata dia, harus dimanfaatkan dan didayagunakan.

“Kekurangan benih dan segala macam harus ditutupi dari atas yaitu pemerintah pusat. Pemerintah harus bantu itu dan ini sudah dilakukan melalui bantuan benih dan bibit-bibit ini untuk memperbanyak hasilnya,” katanya saat bersama Tim Komisi IV meninjau Desa Tumbu, Topoyo, Mamuju Tengah, Sulbar, Selasa (1/8), seperti dikutip dpr.go.id.

Selain sektor perikanan, lanjutnya, Mamuju Tengah juga mempunyai potensi budidaya tambak yang perlu dikembangkan. Karena, dengan memiliki 4.000 hektare luas tambak, seharusnya potensi keberadaan lahan itu dapat dimanfaatkan secara maksimal.

“Ini besar potensinya tapi belum tergarap. Untuk itulah bersama Dirjen Perikanan Budidaya memberikan bantuan ekskavator dalam rangka menggunakan potensi ini. Ini bagian kecil saja. Potensi di sini harus terus digali termasuk sektor lain,” paparnya.

Menurut Ibnu, kalau potensi tersebut dimanfaatkan dengan maksimal, akan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Mamuju Tengah pun meningkat. PAD meningkat berarti pembangunannya juga berjalan.

Karena itu, lanjut Ibnu, pemerintah daerah harus bersinergi dengan pemerintah pusat, DPR, untuk bisa memanfaatkan potensi kekayaan Mamuju Tengah di sektor perikanan dan kelautan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kabupaten Mamuju di tahun ini mendapat jatah bantaun dari pemerintah. Kabupaten tersebut menerima bantuan berupa restocking 1 juta ekor benur udang windu di Teluk Mandar. Sementara itu, bantuan restocking sebanyak 500 ribu ekor benur udang windu juga diberikan Kabupaten Polewali Mandar (Polman) pada 2017. Mesin dan bahan baku pakan 1 unit juga diberikan kepada kelompok Darul Ulum di Kabupaten Polman.

Sementara itu Dirjen Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang mendampingi tim, menyatakan, pihaknya telah memberikan bantuan di sektor perikanan kepada beberapa kabupaten di Sulbar. Bantuan ini diharapkan dapat mengembangkan potensi perikanan dan kelautan di sana.

Bantuan yang diberikan diantaranya, 300 ribu benur udang faname dan pakan udang seberat 1 ton kepada kelompok Bonang Raya di Mamuju Tengah. “Di 2017, atas dukungan Komisi IV DPR, kami mendapat anggaran Rp150 miliar dan kami gunakan langsung sebagai bantuan untuk masyarakat,” tutur Dirjen Perikanan Budidaya KKP Slamet Soebjakto.

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *