Semangat Petani Memproduksi Pangan Harus Dijaga | Villagerspost.com

Semangat Petani Memproduksi Pangan Harus Dijaga

Ilustrasi panen padi hasil pemulian benih mandiri oleh petani (villagerspost.com/runatin)

Jakarta, Villagerspost.com – Anggota Komisi VI DPR RI Herman Khaeron mengatakan, pemerintah harus menjaga semangat petani dalam memproduksi pangan di masa pandemi Covid-19 ini. Pasalnya, pada situasi seperti ini, melakukan impor pangan akan sulit.

“Negara-negara yang selama ini menjadi importir juga terdampak Covid-19, sehingga negara tersebut juga melakukan pembatasan, bahkan menutup ekspor,” kata Herman, dalam siaran persnya, Sabtu (23/5).

Karena itu, Komisi VI mendorong semangat para petani tetap terjaga untuk tetap memproduksi pangan demi terwujudnya kedaulatan dan sistem ketahanan pangan seperti yang selama digaungkan Pemerintah. “Kami mendorong semangat para petani tetap terjaga untuk memproduksi pangan kita. Apa yang disampaikan oleh Pemerintah, untuk BUMN juga harus terlibat,” ujarnya.

Hal tersebut, kata dia, akan sangat bagus untuk sistem kedaulatan dan ketahanan pangan kita di masa depan,” ujarnya melalui siaran persnya kepada Parlementaria. Dalam rangka mendorong semangat itu, beberapa waktu lalu, Herman melakukan aksi sosial membagikan paket sembako untuk dapilnya di Cirebon dan Indramayu.

Dia, mengimbau peran serta BUMN untuk bisa membantu mewujudkan kedaulatan pangan yang mandiri, sehingga kedepan harga bahan pangan dalam negeri bisa stabil dan ketahanan pangan dapat terpenuhi.

“Sekarang tinggal bagaimana mencari sumber-sumber yang ada dan bisa membantu. Sehingga dengan situasi seperti ini, harusnya menjadi kesadaran kita bersama akan pentingnya menjaga kedaulatan pangan yang mandiri yang berbasiskan terhadap kemampuan kita sendiri,” ujar Herman.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *