Serap Tenaga Kerja Lokal, Pabrik Roti BUMG Cot Girek Diapresiasi

Ilustrasi pabrik roti (foto by piqsels)

Jakarta, Villagerspost.com – Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar mengapresiasi usaha pabrik roti yang di kelola Badan Usaha Milik Gampong/Desa (BUMG) Cot Girek Kandang, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Aceh. Usaha tersebut terbukti mampu membuka lapangan kerja bagi warga di sekitar gampong.

“Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan oleh desa yang telah membentuk BUMG dengan usaha memproduksi roti. Apalagi, roti yang telah di produksi ini pemasarannya telah menyebar luas hingga keluar dari Gampong atau Desa Cot Girek Kandang,” katanya, saat melakukan peninjauan ke pabrik tersebut, pada Minggu (15/3).

Usaha pembuatan roti ini telah dilakukan sejak 2017 dengan menampung pekerja dari Desa Cot Girek Kandang sebanyak 14 orang yang terdiri dari 8 orang dibagian produksi dan 6 orang dibagian pemasaran. Adapun wilayah penyebaran roti dari BUMG Cot Girek Kandang meliputi Lhokseumawe, Kabupaten Aceh Utara, Kabupaten Takengon, Kabupaten Bireuen, Kabupaten Bener Meriah.

Dalam kesempatan peninjuan teersebut Halim juga mendengar berbagai keluhan dari pihak BUMG. Di akhir kunjungan, Halim juga memberikan bantuan untuk permodalan sebesar Rp50 Juta. “Saya berharap dengan bantuan permodalan ini bisa meningkatkan usaha BUMG Cot Girek Kandang,” ujar Halim.

Kepala Gampong atau Desa Cot Girek Kandang Tarmizi mengatakan, permintaan pasar semakin tertinggi. Namun, BUMG memiliki kendala karena untuk pembuatan roti masih manual.

“Kami butuh mesin pencetak roti agar produksi kami terus meningkat. Sehingga, dengan produksi meningkat, maka peluang pasar kami menjadi tidak terlewatkan. Selain itu, dengan meningkatnya produksi juga semakin besar kita menampung warga untuk bekerja di tempat usaha kami,” katanya.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *