Seribu Lebih Nelayan Kecil Pemalang Terima Kartu KUSUKA

Perwakilan nelayan kecil Pemalang menerima kartu KUSUKA dari Dinas Kelautan dan Perikanan Pemalang (dok. knti)

Pemalang, Villagerspost.com – Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang membagikan Kartu Pelaku Usaha Bidang Kelautan dan Perikanan (KUSUKA) kepada nelayan Pemalang, Jumat (20/8). Kegiatan dihadiri oleh Ketua Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Kabupaten Pemalang, Pengurus KUD, Bank BRI, Penyuluh Perikanan.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang, Suharto, S.IP, M.Si menjelaskan, KUSUKA adalah Kartu untuk para pelaku usaha kelautan dan perikanan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) dalam rangka untuk mencapai One Data.

“Kedepan semua kegiatan untuk nelayan kecil adalah melalui data yang terekam di Kartu KUSUKA, sehingga kegiatan akan tepat sasaran,” jelas Suharto

Hal senada disampaikan Biro Penguatan Anggota DPP KNTI Hendra Wiguna. Dia menegaskan, nelayan kecil harus terdata dengan baik. “Kepastian kesejahteraan dan implementasi UU perlindungan nelayan akan terwujud apabila nelayan kecil terdata dengan baik, inisiatif percepatan pendataan KUSUKA harus dimulai oleh dinas perikanan dan penyuluh perikanan,” ujar Hendra.

Jika nelayan sudah terdata, kata Hendra, selanjutnya akan mudah menentukan kebijakan dan program kerja kesejahteraan nelayan. “Terutama dalam pemenuhan hak-hak nelayan seperti BBM bersubsidi, penyerapan hasil tangkapan oleh BUMN atau BUMD dan lain sebagainya,” tegasnya.

Sementara itu, Kabid Perikanan Tangkap Agus Ikmaludin, SE, MM menyampaikan, per Jumat (20/8), ada sekitar 1105 KUSUKA yang siap diberikan kepada nelayan. “Sebagai simbolisasi kita cukup hadirkan enam nelayan sebagai perwakilan. Mengingat masa dalam suasana Pandemi Covid-19,” ujarnya.

“Guna percepatan penginputan data KUSUKA, dalam penginputan Dinas Perikanan berkolaborasi dengan KNTI Pemalang dan Penyuluh Perikanan,” tambah Agus.

Kasie Perikanan Tangkap Dinas Perikanan Pemalang Sabar Laksono, S.Pi, MM menjelaskan untuk teknis penyerahan KARTU KUSUKA kepada nelayan dengan melibatkan KNTI Pemalang dan Penyuluh Perikanan.

“Nantinya, pembagian Kartu KUSUKA akan dilaksanakan secara terjadwal oleh KNTI dan Penyuluh Perikanan,” jelas Sabar. Lebih lanjut, Sabar menerangkan, Kartu KUSUKA diperuntukkan untuk nelayan, pembudidaya dan pemasar ikan.

KNTI Pemalang mendukung upaya percepatan yang dilakukan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Pemalang, mengingat saat ini kurang lebih ada 8000 nelayan Pemalang yang belum terdata (terinput) berdasarkan database di KUSUKA (satudata.kkp.go.id).

“Melihat data yang ada di dashboard KUSUKA per 19 Agustus 2021, data nelayan Pemalang yang terinput sebanyak 11.185 dengan rincian; nelayan 6.385, pemasar ikan 221 orang, pemasar pelabuhan 1, pembudidaya 4.238, pengolah ikan 340,” kata Ketua KNTI Pemalang Suritno.

Lanjut Suritno, melihat baru 6.385 nelayan yang terinput, sedang jumlah nelayan di kabupaten Pemalang ada 15.000 nelayan, dapat dipastikan bahwa ada 8000 nelayan belum terinput KUSUKA di sistem KKP.

“KNTI sebagai organisasi nelayan kecil tradisional, mendukung agenda percepatan ini agar nelayan segera terdapat di KUSUKA. Semangat percepatan ini, sama dengan semangat percepatan yang KNTI harapkan,” pungkas Suritno.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *