Tahun Depan Dana Desa Rp700 Juta per Desa

Pembangunan jembatan desa. Infrastruktur desa diharapkan bisa bangkitkan ekonomi desa untuk dorong perekonomian nasional (dok. setkab.go.id)
Pembangunan jembatan desa. Infrastruktur desa diharapkan bisa bangkitkan ekonomi desa untuk dorong perekonomian nasional (dok. setkab.go.id)

Jakarta, Villagerspost.com – Kenaikan alokasi dana desa dalam Anggaran Pendapatand dan Belanja Negara 2016 sebesar Rp47 triliun, membawa konsekuensin yang lumayan menggembirakan. Sekretaris Jenderal Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Anwar Sanusi mengatakan, dengan kenaikan itu, tahun depan setiap satu desa diperkirakan akan menerima bantuan dana kurang lebih Rp700 juta.

“Jumlahnya sampai dua kali lipat. Itu kan luar biasa. Jika ditambah ADD atau alokasi dana desa, kalau kasusnya seperti di Kabupaten Banjar (Kalimantan Selatan-red), mencapai Rp1 miliar lebih,” kata Anwar seperti dikutip kemendesa.go.id, Senin (30/11).

Selain itu, ada usulan untuk merevisi tahapan pemberian dana desa. Jika sebelumnya dilakukan dalam tiga tahap, maka tahun depan akan diberikan dalam dua tahap.

“Kendalanya memang ada di peraturan pemerintah, kita harus cepat melakukan perbaikan atau amandemen,” kata Anwar.

Dia menambahkan, ketika dana sudah selesai dikirimkan, selanjutnya kementerian dapat langsung membuat laporan pembangunan dan prediksi penggunaan selanjutnya. Waktu pemberian dana yang lama pun membuat implementasinya tidak efektif.

Anwar melanjutkan, jika diberikan dalam dua tahap, dana desa dapat memberi dampak lebih besar karena jumlahnya banyak. Tentunya dari segi pengawasan juga semakin mudah.

“Kami terus belajar sehingga tahun depan pengelolaan dana dan implementasinya berjalan lebih baik. Jika berhasil kita dapat menjadi contoh, dan desa menjadi lokomotif untuk membangun Indonesia,” kata Anwar. (*)

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *