Tsunami Selat Sunda: Salurkan Bantuan, P3UW Lampung Ajak Donatur Fokus Hingga Recovery

Truk bermuatan bantuan dari para petambak udang yang tergabung dalam P3UW Lampung dikirimkan ke para korban bencana tsunami Selat Sunda (villagerspost.com/ari suharso)

Lampung, Villagerspost.com – Ratusan kendaraan dan relawan tampak lalu lalang di sepanjang jalan pesisir, Kalianda, Lampung Selatan, Rabu (26/12). Selain menyalurkan bantuan, para relawan juga masih terus melakukan proses evakuasi dan pencarian korban bencana tsunami Selat Sunda yang menghantam kawasan Kalianda, Lampung Selatan, Sabtu malam (22/12) lalu.

Gelombang tsunami juga menghantam beberapa kawasan pantai di Provinsi Banten. Di Kalianda sendiri, proses evakuasi masih terhalang sampah dan puing-puing bangunan yang perlahan berhasil dikumpulkan para relawan di tepi jalan. Sementara, mobil-mobil bermuatan bantuan berupa bahan makanan dan lainnya terus berdatangan.

P3UW Lampung berharap bantuan dapat diberikan sejak masa tanggap darurat hingga ke tahap pemulihan atau recovery (villagerspost.com/ari suharso)

Perhimpunan Petambak Pengusaha Udang Wilayah Lampung (P3UW Lampung), melalui program P3UW Peduli turut mengirimkan bantuan ke beberapa wilayah yang terdampak tsunami Selat Sunda di daerah pesisir Lampung Selatan. Bantuan tersebut di antaranya di desa Rajabasa, Sukaraja dan Way Muli.

Wakil Ketua P3UW Lampung Towilun mengatakan, bantuan yang dikirim oleh organisasi petambak udang di Bumi Dipasena ini bersifat mendadak, insedentil. “Ini sekadar turut meringankan kebutuhan mendesak para korban dan pengungsi yang ada, berupa sembako, beras, gula, minyak, makanan dan lain-lain,” kata Towilun, kepada Villagerspost.com.

“Kami juga saat ini fokus mengumpulkan donasi untuk membantu meringankan penanggulangan paska bencana yang kami yakin membutuhkan biaya yang cukup besar guna pemulihan kondisi para korban dan infrastruktur yang ada,” tambah Towilun.

Para petambak bahu membahu memuat barang-barang bantuan ke atas truk (villagerspost.com/ari suharso)

Terkait upaya pemberian bantuan ini, Towilun mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berperan serta meringankan beban duka para korban di seputaran Selat Sunda dengan menyalurkan bantuan dalam bentuk material atau donasi dana. Donasi tersebut dapat di titipkan melalui rekening P3UW Peduli di BRI dengan nomor 201401003049531.

Towilun juga mengajak para donatur untuk terus menyalurkan bantuan hingga proses recovery dan bukan di masa tanggap darurat saja. “Kami mengimbau agar para donatur juga bisa fokus mengerahkan berbagai bantuan hingga masa pemulihan atau recovery,” pungkasnya.

Laporan/Foto: Ari Suharso, Petambak di Bumi Dipasena, Jurnalis Warga untuk Villagerspost.com

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *