UNNES Gelar Pelatihan E-Counseling Bagi Konselor Pendidikan

Semarang, Villagerspost.com – Tim pengabdian Masyarakat Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Semarang (UNNES), menggelar pelatihan konseling dalam jejaring (e-counseling) bagi para konselor atau guru pengampu bimbingan dan konseling pendidikan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 27-28 Juli 2021 dan diikuti sebanyak 35 orang.

Proses pelatihan dilakukan melalui kombinasi zoom meeting dan google classroom. Pada hari pertama, kegiatan pelatihan dimulai pukul 08.00. Acara dibuka dengan sambutan dari Ketua Ikatan Alumni BK UNNES Dra. Ardina Safitri.

“Saya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh tim pengabdi dan menekankan penguasaan teknologi bagi para konselor pendidikan,” ujar Ardina.

Sementara itu, Ketua Jurusan Bimbingan dan Konseling UNNES Kusnarto Kurniawan, M.Pd., Kons., mengatakan kegiatan pelatihan yang diselenggarakan ini merupakan bentuk pengayoman kepada alumni BK UNNES.

Kegiatan pelatihan dilanjutkan dengan pemaparan materi secara panel yang diberikan oleh narasumber Prof. DYP Sugiharto S.Pd., M.Pd sebagai narasumber pertama. Prof. Sugiharto memberikan pemaparan materi tentang “Layanan Konseling pada Masyarakat 5.0”.

Materi dilanjutkan dengan pemaparan oleh Sigit Hariyadi S.Pd., M.Pd., tentang “Pemahaman dasar E-Counseling”. Pemaparan materi ditutup oleh pemaparan dari Keua Tim pengabdian Masyarakat BK UNNES Mulawarman, S.Pd., M.Pd, Ph.D., yang memberikan materi tantang “Kompetensi Konselor dalam Layanan E-Counseling”.

Setelah pemaparan materi selesai kemudian dilanjutkan dengan simulasi E-counseling yang dilakukan oleh Eni Rindi Antika, S.Pd., M.Pd. Kegiatan pelatihan hari pertama ditutup sekitar pukul 16.00 WIB setelah dilakukan refleksi dan diskusi

Pada hari kedua, kegiatan pelatihan dimulai Kembali pujul 08.00 WIB dan diawali dengan diskusi dan reflesi hasil analisis tugas video yang dipandu oleh Mulawarman, S.Pd., M.Pd, Ph.D. Setelahnya dilanjutkan dengan praktik peer counseling dalam kelompok kecil tersupervisi.

Pada praktik peer counseling peserta diminta untuk melakukan praktik E-counseling dengan didampingi oleh fasilitator. Dari 6 kelompok kecil total terdapat 6 fasilitator yang terlibat.

Program pelatihan yang diselenggarakan tim pengabdian BK UNNES ini merupakan salah satu bentuk implementasi tridarma perguruan tinggi. Dengan dilakukannya pelatihan ini diharapkan mampu meningkatkan kompetensi dalam pemberian layanan konseling online dan menambah wawasan konseptual bagi para konselor Pendidikan disekolah.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *