Warga Desa Patimban Minta Keadilan Pemerintah | Villagerspost.com

Warga Desa Patimban Minta Keadilan Pemerintah

Lokasi pembangunan pelabuhan Patimban, Subang (dok. pemprov jabar)

Jakarta, Villagerspost.com – Warga Desa Patimban, Kecamatan Pusakanegara, Subang, Jawa Barat, meminta kepastian agar pemerintah bisa memberikan keadilan kepada mereka terkait masalah ganti rugi tanah untuk pembangunan Pelabuhan Patimban. Masyarakat sendiri memastikan mereka tetap mendukung pembangunan pelabuhan yang masuk dalam Proyek Strategis Nasional itu.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Komisi V DPR Sigit Sosiantomo, saat memimpin Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Kabupaten Subang, Jabar, Jumat (21/9) lalu. Sigit mengatakan, masyarakat Desa Patimban, mendukung penuh pembangunan Pelabuhan Patimban, namun membutuhkan kepastian agar pemerintah bisa memberikan keadilan dan meningkatkan kesejahteraan dengan dibangunnya pelabuhan tersebut.

Warga berharap, pembangunan Pelabuhan Patimban dapat melibatkan warga sekitar, sehingga meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi warga di Subang. “Kunjungan kita ke sini selain ingin melihat secara langsung proses pembangunan Pelabuhan Patimban, juga untuk mendapatkan masukan dari semua pihak, baik dari pemerintah pusat, pemerintah daerah maupun masyarakat sekitar pelabuhan, terkait permasalahan yang ada dalam proses pembangunan Pelabuhan Patimban,” ungkap Sigit.

Sigit memastikan, pihaknya berjanji akan membantu mediasi masyarakat Desa Patimban dengan pihak-pihak yang terkait dalam rangka menjamin kepastian dan keadilan terhadap hak-hak mereka yang harus diperoleh. “Seluruh pemangku kepentingan sepakat mendukung pembangunan Pelabuhan Patimban, karena menyangkut kepentingan dan masa depan masyarakat Kabupaten Subang ke depan. Masyarakat Patimban, Subang dan sekitarnya hanya ingin keadilan dan hak mereka terpenuhi dengan nilai yang wajar,” ujar politikus Partai Keadilan Sejahtera itu.

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi V DPR Nurhasan Zaidi. Menurutnya, pada prinsipnya masyarakat Desa Patimban menyambut dengan gembira kehadiran Pelabuhan Patimban ini. Karena dengan adanya pelabuhan ini, mereka menyadari bahwa akan memberikan sebuah kemajuan bagi masyarakat sekitarnya.

“Kita berharap agar segera ditentukan jalan tengahnya, agar pembebasan lahan segera tuntas, karena lahan warga yang terkena imbas dari pembangunan Pelabuhan Patimban ini merupakan lahan pertanian yang menjadi mata pencaharian mereka sehari-hari,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur Jenderal Perhubungan Laut, Kementerian Perhubungan R. Agus H. Purnomo dalam paparannya mengatakan, pembangunan Pelabuhan Patimban bertujuan mengurangi biaya logistik dengan mendekatkan pusat produksi dengan pelabuhan. Selain itu, memperkuat ketahanan ekonomi, mengurangi tingkat kemacetan lalu lintas kendaraan serta menjamin keselamatan pelayaran termasuk area eksplorasi migas.

Editor: M. Agung Riyadi

Facebook Comments

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *